Canggihnya K29 Keffiyeh Sorban Anti Peluru Berbahan Kevlar

Share it with your friends Like

Thanks! Share it with your friends!

Close

Keffiyeh atau Surban selama ini dikenal sebagai pakaian khas masyarakat Timur Tengah yang banyak digunakan oleh bangsa Arab dan juga kurdi. Selama ini Keffiyeh kerap diasosiakan dengan gerakan perlawanan Arab termasuk dalam revolusi Arab pada tahun 1930an.

ungsi awal keffiyeh sebagai pelindung dari sinar matahari, debu dan juga pasir. Tetapi kini Keffiyeh juga telah hadir dalam versi anti peluru. Sorban anti peluru diciptakan oleh Salim al-Kadi seorang arsitek yang tinggal di Beirut. Ia membuat surban tersebut dari bahan Kevlar yang dinamainya K29 Keffiyeh 001.

Kevlar adalah bahan sintetis para-aramid dan memiliki material yang sangat kuat dan seringkali digunakan dalam rompi anti peluru disamping dalam pakaian olahraga dan juga alat musik. Bahan kevlar mulai dikembangkan pada tahun 1960an. Salah satu kelebihan bahan kevlar yaitu memiliki kekuatan tarik yang tinggi. Itulah mengapa Kevlar bisa sekuat baja dan dapat menahan peluru.

Ide Salim membuat sorban anti peluru banyak dipuji karena merupakan penemuan penting dalam melindungi bagian tubuh paling penting–kepala.

Musik
Arabian Bazaar oleh Twin Musicom berlisensi Creative Commons Attribution (https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/)
Artis: http://www.twinmusicom.org/


Comments

Write a comment

*

%d bloggers like this: